Pengertian Umum Colocation Server

Colocation Server merupakan sebuah wadah layanan untuk menitipkan dan menyimpan server pada Data Center dengan seluruh sistem keamanannya. Beberapa keamanan tersebut diantaranya menyangkut keamanan fisik, infrastruktur, UPS, arus listrik, power generator, CCTV, dimana keamanan tersebut akan bekerja penuh selama 24 jam. Pada umumnya server tersebut disimpan pada rak ataupun kabinet yang tersedia. Penggunaan sistem layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Kelebihan menggunakan sistem layanan tersebut diantaranya yaitu baik server dengan spesifikasi tinggi maupun rendah tidak akan mempengaruhi biaya bulanan. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan tagihan yang harus dibayar apabila Anda menggunakan server dengan spesifikasi tinggi. Namun, terdapat pula kekurangannya yaitu Anda yang menggunakan sistem ini harus bisa memperbaiki atau bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada server tersebut.

Anda yang akan menggunakan Colocation Server, maka Anda dapat menempatkan server tersebut pada data center yang akan dihubungkan dengan jaringan komunikasi. Jaringan komunikasi dapat berasal dari bandwidth Indonesia atau Internasional. Penggunaan dari layanan tersebut tidak hanya dari hosting saja namun juga beberapa perusahaan di Indonesia dimana perusahaan tersebut memiliki tim IT, maka akan sangat memerlukan penyimpanan server. Perusahaan akan membutuhkan data center sebagai server yang akan meningkatkan mutu bisnis tersebut agar tidak terjadi kendala saat ada bencana yang tidak terduga.

Terdapat beberapa keuntungan dalam memasang sistem penyimpanan tersebut yakni Anda dapat menghemat anggaran untuk membeli jasa hosting. Jasa hosting dengan skala yang besar layaknya cloud hosting akan memakan biaya. Tak hanya itu, server memiliki nilai keuntungan pajak yang digunakan sebagai penyusutan. Untuk memasang server tersebut, maka penyedia layanan data center harus memiliki tim TI yang handal untuk mengatur segala persiapannya termasuk mengatur arus stabil bandwith. Apabila perusahaan tidak memiliki tim IT, maka perusahaan bisa menggunakan jasa pelayanan manajemen network. Data center memiliki Neutral Network Data Center. Data center merupakan jasa telekomunikasi jaringan dengan waktu fleksibel. Itulah beberapa informasi mengenai Colocation Server yang telah dijelaskan.

https://www.nexdatacenter.com/location/view/jakarta/cyber-2-tower

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published