Gejala Demam Berdarah Yang Wajib Anda Ketahui

Gejala demam berdarah menjadi hal yang waji Anda ketahui, sebab penyakit ini memang terbilang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Gejala awal dari demam berdarah dangue adalah demam mendadak, namun gejala demam saja tidak dapat dijadikan patokan jika seseorang terkena DBD. Demam mendadak yang dimaksud adalah jika kemarian Anda masih sehat, tetapi keesokan harinya Anda demam tinggi. Misalnya jika sore hari Anda masih berolahraga, tetapi esok paginya Anda tiba-tiba demam tinggi, maka boleh jadi Anda terkena DBD.

Gejala Demam Berdarah Yang Wajib Anda Ketahui

Gejala DBD

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kemenkes RI, seseorang yang dicurigai terkena DBD setidaknya mengalami gejala-gejala seperti dibawah ini:

  1. Demam tinggi
  2. Sakit kepala
  3. Nyeri di belakang mata
  4. Nyeri otot
  5. Nyeri tulang
  6. Ruam (bercak merah) di kulit
  7. Muncul tanda pendarahan, misalnya mimisan
  8. Kadar leukosit atau sel darah putih yang rendah

Ada anggota keluarga atau tetangga yang positif terkena demam berdarah dengue
Seseorang yang dicurigai terkena DBD dipastikan secara mendadak mengalami demam tinggi, kemudian diikuti dua gejala lainnya, misalnya demam tinggi diikuti sakit kepala, dan ruam di kulit. Namun, yang patut Anda wapsadai adalah tidak semua orang mengalami gejala DBD yang sama, artinya bisa saja si A mengalami ruam di kulit, tetapi si B tidak. Untuk memastikan seseorang terkena DBD memang harus dipastikan melalui pemeriksaan laboratorium.

Fase DBD
Infeksi demam dengue yang disebabkan penularan virus nyamuk Aedes Aegypt ini memiliki masa inkubasinya sekitar 5 hingga 9 hari mulai dari terinfeksi sampai muncul gejalanya. Kemudian dilanjutkan dengan fase demam sekitar 1 hingga 3 hari, dimana gejala sudah mulai bermunculan dan fase kritis pada hari ke 4 hingga 6. Pada fase kritis, demam penderita mulai turun, tapi kondisi ini bukan pertanda kondisi semakin membaik, tetapi menjadi fase paling berbahaya karena sudah terjadi kebocoran pada pembuluh darah kapiler yang menyebabkan kematian. Untuk menghindari hal buruk tersebut, Anda harus memastikan gejala demam berdarah.

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published