Ciri-Ciri DBD – Demam Berdarah

Ciri ciri dbd memang selalu berpusat pada demam tinggi, namun orang awam selalu kebingungan apakah demam yang dialaminya merupakan pertanda seseorang terkena DBD atau tifus. Salah memperhatikan gejala bisa jadi nyawa tidak tertolong. Untuk mempermudah Anda berikut ini adalah perbedaannya.

Ciri-Ciri DBD - Demam Berdarah

Ciri Tifus

  • Tifoid atau penyakit tifus terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi yang berasal dari makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut, sehingga penderita mengalami;
  • Seseorang yang menderita tifus biasanya mengalami demam yang naik secara perlahan. Pada minggu pertama, demam bisa naik turun. Kemudian di minggu kedua demamnya tinggi, hingga mencapai 40 derajat celsius.
  • Demam yang mulai turun menjadi pertanda bahwa kondisi penderitanya semakin membaik.

Ciri DBD

  • Demam berdarah dengue terjadi karena penularan virus nyamuk Aedes Aegypti, sehingga menyebabkan penderita mengalami;
  • Secara mendadak penderita mengalami demam tinggi, artinya seseorang bisa terlihat sehat hari ini, tetapi keesokan harinya mengalami demam tinggi.
  • Di hari ke 4 hingga 6 ketika demam mulai turun, ternyata kondisi penderita tidak semakin baik. Melainkan kondisi penderita berada di fase kritis karena terjadi kebocoran pada pembuluh darah kapiler yang bisa menyebabkan kematian.
  • Ruam atau bercak merah di kulit.

Pembuluh darah yang mengalami pelebaran membuat penderitanya mengalami ruam atau bercak merah di kulit. Pelebaran pembuluh darah juga membuat suhu tubuh menurun, dan menjadi pertanda penderita sedang berada pada fase kritis.
Meski demam merupakan gejala dari banyak jenis penyakit, tetapi jika demam tinggi antara 39 hingga 41 derajat celsius yang tidak turundalam 2 hingga 3 hari.

Kemudian disertai dengan gejala DBD lainnya seperti sakit kepala, lemas, nyeri di belakang mata, nyeri otot, nyeri tulang, pendarahan ringan (mimisan, muntah atau buang air berdarah), serta kehilangan nafsu makan yang diikuti mual dan muntah. Maka Anda patut waspada karena gejala tersebut merupakan fase awal atau fase demam yang menjadi ciri ciri dbd.

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published